PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 2 WONOSARI
Daftar Isi:
- Penulis mengemukakan beberapa masalah pada penelitian tindakan kelas ini. Tujuan diadakannya penelitian yaitu dengan menerapkanmodel Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar kognitif siswapada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan 1 siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan pengamatan/ observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 24 siswa. Adanya peningkatan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dalam setiap siklusnya. Kemandirian belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 71.08% meningkat dengan rata-rata 84.30% pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 91.6% dan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonosari. Kata Kunci:Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar