Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah karena kurangnya sikap percaya diri siswa dan prestasi belajar Matematika. Hal tersebut disebabkan karena kurang tertariknya siswa terhadap mata pelajaran Matematika dan guru kurang variatif dalam menerapkan model pembelajaran. Siswa cenderung tidak aktif, gaduh, kurang ikut serta dalam mengikuti proses pembelajaran dan kesulitan dalam menyampaikan pendapat sehingga menghambat proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa dan prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD. Subyek Penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangasem 1 Sayung Demak. Dengan jumlah 30 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan sikap percaya diri siswa dan prestasi belajar Matematika yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan observasi sikap percaya diri siswa yang ada pada siklus I dengan jumlah skor 621 dan persentase 69% dan termasuk pada kriteria percaya diri tinggi, kemudian meningkat pada siklus II dengan jumlah skor 750 dan persentase 83,33% dan termasuk pada kriteria percaya diri sangat tinggi. Dan berdasarkan uji gain diperoleh skor 0,46 dengan kategori peningkatan sedang. Adanya peningkatan prestasi belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil tes evaluasi sebesar 68,1 dan ketuntasan belajar 66,67% pada siklus I. Kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 87,2 dan ketuntasan belajar mencapai 93,33%. Dan berdasarkan perhitungan uji gain diperoleh skor 0,65 dengan kategori peningkatan sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan prestasi belajar Matematika kelas V SD Negeri Karangasem 1. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah hendaknya guru selalu menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi, agar siswa lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, NHT, percaya diri, prestasi belajar