Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar dan peduli lingkungan siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. prestasi belajar rendah disebabkan oleh kurangnya sikap peduli lingkungan siswa tidak hanya itu rendahnya prestasi belajar juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya guru masih menggunakan metode ceramah atau teacher center dalam proses pembelajaran sehingga siswa akan merasa bosan dan pasif. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan peduli lingkungan mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran make a match di kelas IV SDN Prampelan, kecamatan Sayung, Kota Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subtek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Prampelan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi disetiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,75 dengan kriteria prestasi belajar siswa baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 76,65 dengan kriteria prestasi belajar siswa baik sekali. Adanya peningkatan peduli lingkungan siswa ditunjukkan dengan peningkatan peduli lingkungan di setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase 76% dengan kriteria baik. Pada siklus II dengan presentase 86,76% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar dan peduli lingkungan di kelas IV SDN Prampelan. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Peduli Lingkungan, Model Pembelajaran Make a Match