PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012

Main Author: Riyastanto, Rikuh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/528/1/Skripsi_Rikuh%20Riyastanto_1cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/528/2/Skripsi_Rikuh%20Riyastanto_1abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/528/3/Skripsi_Rikuh%20Riyastanto_1daftar%20isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/528/
Daftar Isi:
  • Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan terhadap lingkungan maupun masyarakat sekitar. Dengan adanya CSR diharapkan hubungan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar menjadi lebih harmonis sehingga mendorong terciptanya kesejahteraan dan keadilan yang berkelanjutan. Kemudian dengan adanya CSR kondisi lingkungan yang selama ini tidak terlalu dihiraukan diharapkan menjadi lebih terawat dan lebih mendapatkan perhatian yang pada akhirnya akan berdampak kepada meningkatnya kinerja keuangan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan munufaktur yang terdapat di BEI pada tahun 2010-2012. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive judment sampling dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu. Pemilihan metode tersebut karena tidak semua perusahaan manufaktur dapat dipilih sebagai sampel. Hasil penelitian mununjukkan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap return on asset (ROA), CSR berpengaruh signifikan terhadap return on equity (ROE), namun CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap earning per share (EPS). Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Earning Per Share, Return On Asset, Return On Equity