Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebutuhan, pelayanan kerja, harga, produk, tempat, promosi, margin terhadap keputusan nasabah dalam mengambil pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Karangayu. Rendahnya penggunaan produk pembiayaan murabahah disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah faktor persepsi masyarakat dan pengelola bank syariah itu sendiri. Oleh karena itu, BSM selain harus pintar dalam mengelola internal BSM juga harus pintar dalam mengelola persepsi masyarakat calon atau yang telah menjadi konsumen BSM. Hal-hal yang dapat dilakukan BSM diantaranya adalah meningkatkan kejelasan produk kepada para nasabah, pelayanan yang memuaskan, bagi hasil yang kompetitif. Selain itu, produk yang ada pada BSM juga harus bisa menjawab kebutuhan dan selera masyarakat. Nasabah dalam memutuskan untuk mengambil suatu pembiayaan dipengaruhi berbagai faktor diantaranya adalah diantaranya adalah kebutuhan, pelayanan, harga, produk, tempat, promosi, dan margin. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang mengambil pembiayaan murabahah di Bank Mandiri Syariah KCP Karangayu Semarang. Teknik pengambilan sempel menggunakan sensus sampling, yaitu dimana jumlah responden yang dijadikan sampel merupakan jumlah keseluruhan dari populasi yang berjumlah 41 nasabah. Pengumupulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan, pelayanan, harga, produk, dan margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah untuk mengambil pembiayaan murabahah. Sedangkan variabel tempat dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk mengambil pembiayaan murabahah di Bank Syariah Mandiri KCP Karangayu. Kata kunci: margin, pembiayaan murabahah, harga, produk, dan pelayanan