PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERILAKU UKM, SOSIALISASI DAN PERSEPSI, SERTA SISTEM PEMBIAYAAN UKM TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Empiris Pada UKM Yang Menjadi Nasabah Bank Muamalat Kota Baubau Sulawesi Tenggara)

Main Author: Paradita, Eka Pratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/483/1/skripsi_1abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/483/2/skripsi_1cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/483/3/skripsi_1daftar%20isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/483/
Daftar Isi:
  • Terdapat fenomena gap yang saat ini tengah berkembang di masyarakat yaitu mengenai pembiayaan perbankan syariah yang menggunakan sistem bagi hasil, namun banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa perbankan syariah lebih banyak menyalurkan pembiayaan dengan pola jual beli daripada pola bagi hasil. Hal ini yang memicu penulis dalam melakukan kajian mendalam mengenai apakah karakteristik dan perilaku UKM, sosialisasi dan persepsi, serta sistem pembiayaan UKM mempengaruhi keputusan perbankan syariah yang lebih banyak menyalurkan pembiayaan dalam bentuk pembiayaan Murabahah (jual beli) bukannya bagi hasil. Perbankan Syariah sebagai lembaga keuangan yang sangat concern terhadap pengembangan sektor riil telah dapat memanfaatkan peluang atas kebutuhan finansial sektor UMKM. Sebesar 61,29% atau Rp83,09 triliun dari total pembiayaan perbankan syariah (BUS + UUS) disalurkan ke sektor UMKM (Outlook BI, 2013). Purwanto et. al., (2012) dalam pembiayaan kepada UKM, BNI Syariah lebih menentukan penyalurannya menggunakan pola murabahah, karena dengan pola murabahah tidak melibatkan SDM BNI Syariah secara langsung dalam usaha/proyek yang dibiayai, tidak terpengaruh fluktuasi tingkat suku bunga yang dapat memberatkan UKM, risiko kecil dibandingkan dengan pola bagi hasil dan pemantauan pembiayaan lebih mudah dilakukan secara administratif melalui riwayat pembayaran. Berdasarkan kajian pustaka yang mendalam, diajukan 3 hipotesis sebagai berikut: 1) karakteristik dan perilaku UKM berpengaruh positif terhadap penyaluran pembiayaan perbankan syariah, 2) Sosialisasi dan persepsi berpengaruh positif terhadap penyaluran pembiayaan perbankan syariah, dan 3) Sistem pembiayaan UKM berpengaruh positif terhadap penyaluran pembiayaan perbankan syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari UKM yang menjadi nasabah di Bank Muamalat cabang kota BauBau Sulawesi Tenggara dengan menggunakan convenience sampling dengan total 65 UKM. Analisis datanya menggunakan teknik Regresi Logistik. Berdasarkan pengujian hipotesis dalam studi ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik dan perilaku, serta sistem pembiayaan UKM berpengaruh positif terhadap penyaluran pembiayaan perbankan syariah, sedangkan sosialisasi dan persepsi tidak berpengaruh terhadap penyaluran pembiayaan perbankan syariah.