FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Faktor-faktor yang digunakan antara lain ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kinerja lingkungan, profitabilitas, dan leverage. Total sampel dalam penelitian ini adalah 39 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kinerja lingkungan, profitabilitas, dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Secara individu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, ukuran dewan komisaris berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, kinerja lingkungan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Kata kunci: Islamic Social Reporting, Jakarta Islamic Index, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kinerja lingkungan, profitabilitas, dan leverage