Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Persepsi mempunyai peran yang sangat penting dalam menilai suatu kualitas pelayanan keperawatan, karena berdasarkan persepsi yang baik dari pasien terhadap mutu asuhan keperawatan di RS akan dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan menimbulkan image yang positif kepada RS tersebut. Persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan akan menentukan perilaku pasien di dalam pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran persepsi pasien tentang mutu pelayanan asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 83 pasien dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif frekuensi. Hasil : Hasil analisa diperoleh bahwa dari 83 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik umur dewasa akhir sebanyak 67,5%, dengan karakteristik tingkat pendidikan sebagian besar SMP sebanyak 41,0%, dengan karakteristik jenis kelamin perempuan sebanyak 53.0%, karakteristik lama dirawat sebanyak >5 hari 55, 4% dan penelitian ini menunjukkan hasil gambaran persepsi pasien tentang mutu pelayanan asuhan keperawatan rendah sebanyak 56,6%. Simpulan : Hasil penelitian ini dengan kategori persepsi pasien rendah tehadap mutu pelayanan asuhan keperawatan sebanyak 56.6 %, kategori sedang 25,3%, dan kategori tinggi 18,1%. Pasien di RSUD Sunan Kaliajaga Demak Semarang memiliki persepsi yang negatif terhadap mutu pelayanan asuhan keperawatan empati dan ketanggapan. Saran : Bagi Profesi Perawat, bagi Institusi, bagi pihak menejemen RS dan bagi pasien. Kata kunci : Persepsi pasien tentang Mutu pelayanan asuhan keperawatan