PENGARUH TERAPI METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD TPQ KI AGENG SELO GAYAM SARI SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Usia prasekolah merupakan periode dimana terjadi perkembangan otak yang sangat pesat. Pada periode ini pemberian stimulasi sangatlah penting guna meningkatkan kemampuan dasar anak.Keterampilan membaca pada anak usia prasekolah dipengaruhi oleh suatu pengajaran khusus yang unik yaitu metode Glenn Doman. Alasan peneliti memilih metode ini karena metode Glenn Doman merupakan suatu metode bermain sambil belajar dan merupakan salah satu metode yang diakui banyak pihak sebagai metode yang praktis namun juga efisien bagi anak prasekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhterapi metode Glenn Domanterhadap kemampuan membaca anak usia prasekolah di PAUD TPQ Ki Ageng Selo Gayam Sari Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Pre Eksperimen) dengan jenis rancangan One Group Pretest-Postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi kemampuan membaca.Jumlah responden sebanyak 33 dengan teknik totaly sampling.Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian diperoleh, sebagian besar kemampuan membaca sebelum perlakuan dengan skor 6 sebanyak 14(42.4%) dan sebagian besar kemampuan membaca sesudah perlakuan dengan skor 8 sebanyak 12(36.4%). Pengaruhterapi metode glenn doman terhadap kemampuan membaca anak usia prasekolah signifikansinya 0.000 (p value<0,05), yang menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca anak usia prasekolahdi PAUD TPQ Ki Ageng Selo Gayam Sari Semarang Simpulan : Terdapat pengaruh terapi metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca anak usia prasekolah di PAUD TPQ Ki Ageng Selo Gayam Sari Semarang Kata kunci: Kemampuan Membaca, Terapi Metode Glenn Doman, Anak Usia Prasekolah