HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNISSULA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar mahasiswa psikologi Unissula. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling pada mahasiswa angkatan 2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor dan analisis Product Moment. Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai korelasi Ry(1,2) sebesar 0,245 dengan nilai Fhitung sebesar 4,611 dan taraf signifikansi sebesar 0,011 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh korelasi r1y = 0,245 dengan taraf signifikansi p = 0,003 (p < 0,05), menujukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh korelasi r1y = 0,174 dengan taraf signifikansi p = 0,035 (p < 0,05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dengan prestasi belajar. Semakin tinggi motivasi berprestasi maka semakin tinggi prestasi belajar mahasiswa, demikian juga semakin tinggi penyesuaian diri maka semakin tinggi prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci: prestasi belajar, motivasi berprestasi, penyesuaian diri.