HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSJD dr. AMINO GONDOHUTOMO KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH
Daftar Isi:
- Latar belakang : indicator penting mutu pelayanan rumah sakit adalah kemampuan komunikasi, baik verbal atau non verbal, petugas dalam memberikan pelayanan keperawatan yang langsung ditujukan kepada pasien. Walaupun sudah banyak hal positif yang telah dicapai dibidang pendidikan keperawatan, tetapi gambaran pengelolaan layanan keperawatan belum memuaskan. Pada saat mengobservasi komunikasi terapeutik perawat, tampak masih ada perawat yang tidak memperkenalkan nama, perawat masih kurang menjaga kontak mata ketika melakukan komunikasi dengan pasien. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik perawat kurang maksimal, sedangkan komunikasi terapeutik perawat sangat berpengaruh dalam kesembuhan pasien, hal ini pasien sangat memerlukan komunikasi terapeutik yang baik untuk memenuhi tingkat kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di RSJD dr. Amino Gondohutomo Semarang Metode : Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif observasional. Desain yang digunakan adalah pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi Pearson atau Spearman. Hasil : Terdapat hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang dengan melihat nilai p-value yaitu 0,000 atau p-value <0,050, keeratan hubungan antara dua variabel kuat yaitu 0,666 dan arah hubungannya positif yang bermakna jika komunikasi terapeutik perawat baik maka tingkat kepuasan pasien baik, hal tersebut berlaku juga untuk sebaliknya. Simpulan : Terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang Kata Kunci : Komunikasi terapeutik perawat, tingkat kepuasan pasien