Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tentang keefektifan penggunaan metode kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan metode kontekstual efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas delapan di MTs Darul Hasanah Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Darul Hasanah Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang mana jumlah siswanya adalah 65 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dari kelompok eksperimen adalah 55.76 sedangkan rata-rata nilai pre-test dari kelompok kontrol adalah 54.84. Setelah diberikan treatment selama empat kali pertemuan, nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 72.12 dan kelas kontrol adalah 64.84. Perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 7.277. Hasil dari analisa menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.000<0.05. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kontekstual adalah efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kata Kunci: Metode Kontekstual, Kemampuan Menulis, Kelas Delapan, Penelitian Kuasi Eksperimen