Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tentang keefektifan penggunaan Herringbone teknik (skema tulang ikan) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dalam memahami sebuah teks recount. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran teks recount menggunakan Herringbone (skema tulang ikan) teknik efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dalam membaca sebuah teks recount ketika diterapkan kepada siswa kelas delapan di SMP Muhammadiyah 7 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain quasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang mana jumlah siswanya adalah 73 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dari kelompok eksperimen adalah 65.03 sedangkan rata-rata nilai pre-test dari kelompok kontrol adalah 64.08. Setelah diberikan treatment selama empat kali pertemuan, nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 82.17 dan kelas kontrol adalah 72.97. Perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 9.200. Hasil dari analisa menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.000<0.05. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Herringbone teknik (skema tulang ikan) adalah efektif untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa dalam membaca teks recount Kata Kunci: Herringbone Teknik, Pemahaman Membaca Siswa, dan Teks Recount