Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah tentang penggunaan news sebagai media pembelajaran dalam mengajar listening di bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan quasi experimental research design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X dari SMA Muhammadiyah 2 Demak di tahun ajaran 2015/2016 dan sample penelitian adalah kelas X-1 yang terdiri dari 25 siswa berperan sebagai kelas experimental dan kelas X-2 terdiri dari 26 siswa berperan sebagai kelas control. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes listening untuk mengukur penguasaan listening siswa dan dilakukan dua kali, yaitu pre-test dan post-test. Data-datanya kemudian di analisa menggunakan SPSS windows versi 16.0. Berdasarkan statistic analisis, dapat dilihat bahwa t-test lebih tinggi dari pada t-table (3.137 >2.009) dan sig (2-tailed) 0,003<0,05. Itu berarti ada pengembangan di penguasaan listening siswa setelah mendapatkan treatment. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa news sebagai bahan pengajaran dapat digunakan untuk mengembangkan penguasaan listening siswa. Kata kunci: News, Listening Comprehension.