Daftar Isi:
  • Skimming dan Scanning adalah salah satu teknik yang digunakan di sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah skimming dan scanning teknik dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca di kelas XI SMA Budiluhur Tanggungharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi. Penelitian ini mengambil XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini telah dilakukan dengan beberapa langkah seperti try out, pre-test, treatment, dan post-test. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan rumus sample t-test independent. Hasil pre-test dari eksperimen dan kelas kontrol adalah 60.00 dan 61.52. ini membuktikan bahwa kemampuan siswa sebelum diberikan treatment masih lemah. Hasil penelitian di post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai lebih besar dibandingkan kelas kontrol 76.00 > 69.91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0.001 kurang dari 0.05. Ini berarti bahwa treatment meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan H0ditolak dan HI diterima. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa skimming dan scanning teknik dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca untuk siswa kelas sebelas di SMA Budiluhur Tanggungharjo di Tahun Akademik 2015/2016. Kata kunci: Skimming dan Scanning Teknik, Membaca, SMA