Daftar Isi:
  • Ahmad Miftahul Choir, 31501201773, Efektivitas Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran Fikih kelas X di MA NU Banat Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan metode picture and picture pada bidang studi Fiqih di MA NU Banat Kudus, dengan metode deskriptif analisis terhadap data yang penulis peroleh dari lapangan. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan rumusan masalah menjadi dua permasalahan yaitu; Bagaimana penerapan metode Picture and Picture dalam pembelajaran fikih dan Bagaimana efektivitas metode picture and picture dalam pembelajaran fikih kelas X di MA NU Banat Kudus Fikih yang dimaksud adalah syarat sah shalat, rukun shalat dan hal yang membatalkan shalat. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik mengetahui ketentuan-ketentuan syariat Islam atau usaha bimbingan terhadap anak didik agar memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam. Sedangkan metode Picture and Picture adalah cara pembelajaran yang memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan (PAIKEM), mempertunjukkan atau memperlihatkan sesuatu di kelas secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode Picture and Picture efektif digunakan pada bidang studi fikih di MA NU Banat Kudus. Keefektifan metode ini disebabkan mamberi kemudahan pada peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan kepada peserta didik. Kata Kunci : Metode Picture and Picture, Pembelajaran FIkih, MA NU Banat Kudus.