EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MAN 2 SEMARANG
Main Author: | Zulaikah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unissula.ac.id/4454/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/2/COVER.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/3/BAB%20I.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/4/BAB%20II.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/5/BAB%20III.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/6/BAB%20IV.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/7/BAB%20V.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unissula.ac.id/4454/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik field research sebagai suatu teknik yang dipergunakan untuk memperoleh data pada suatu keadaan yang sebenarnya. Pelaksanaan pembelajaran fikih dengan metode problem solving dan demonstrasi di MAN 2 Semarang pada materi mahram nikah berjalan dengan baik. Peserta didik dapat dengan mudah memahami materi dengan menggunakan kedua metode tersebut. Adapun sumber pengumpulan data adalah dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang akan digunakan berupa wawancara kepada guru dan peserta didik serta melakukan observasi langsung di MAN 2 Semarang. Sedangkan sumber data sekunder berupa keadaan geografis, keadaan siswa dan guru, sarana dan prasarana, serta dokumen-dokumen yang dipeoleh dari tangan kedua yaitu dari staf tata usaha dan guru. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian dengan sebuah teori. Dari hasil perbandingan itu kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkah bahwa: pelaksanaan pembelajaran fikih dengan metode problem solving dan demontrasi di MAN 2 Semarang berjalan cukup baik dan efektif. Karena langkah-langkah pembelajaran telah disusun secara urut dan runtut di dalam RPP. Pelaksanaannya di dalam kelas juga cukup sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh guru. Kata kunci: Metode Problem Solving, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fikih, dan MAN 2 Semarang.