Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris apakah karakteristik perusahaan yaitu profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), pertumbuhan perusahaan (Growth), media exposure dan ukuran perusahan (Size) memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Tanggung jawab sosial merupakan bentuk kepedulian suatu usaha terhadap lingkungan, baik lingkungan usaha maupun luar usaha, misalnya keselamatan kerja dan penanganan limbah yang dihasilkan sebuah perusahaan agar tidak mengganggu masyarakat. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2011 sampai tahun 2013. Sampel yang diperoleh sebanyak 70 perusahaan dalam periode satu tahun dari 140 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, heterokedastisitas, multikolinieritas, dan autokorelasi) dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji T. Hasil dari analisis berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), pertumbuhan perusahaan (Growth), media exposure dan ukuran perusahaan (Size) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara parsial profitabilitas (ROA), likuiditas (CR) dan ukuran perusahaan (Size) berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Namun pada pertumbuhan perusahaan (Growth) dan media exposure berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci : Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Profitabilitas (ROA), Likuiditas (CR), Pertumbuhan perusahaan (Growth), media exsposure, ukuran perusahaan (Size)