Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi, (2) pengaruh motivasi gelar terhadap minat mengikuti pendidikan profesi akuntansi, (3) pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi universitas swasta yang ada di Semarang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposiv sampling dan data yang digunakan adalah data kuisioner. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 71 mahasiswa angkatan 2012 dan 74 mahasiswa angkatan 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi berpengaruh positif terhadap minat mengikuti pendidikan profesi akuntansi, hal ini ditunjukkan dengan nilai nilai signifikansi pada uji T sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,415%. (2) Motivasi gelar berpengaruh positif terhadap minat mengikuti pendidikan profesi akuntansi, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji T sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,901%. (3) Biaya pendidikan tidak berpengaruh terhadap minat mengikuti pendidikan profesi akuntansi, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji T sebesar 0,071 > 0,05. Kata Kunci :Persepsi, Motivasi gelar, Biaya pendidikan, Minat mengikuti PPAk