PENGARUH UKURAN PERBANKAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KINERJA KEUANGAN TERHADAP E-TRANSPARENCY DAN VISIBILITAS INTERNET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PRAKTIK IFR
Daftar Isi:
- Penggunaan internet dalam dunia bisnis telah mempengaruhi bentuk tradisional penyajian informasi perusahaan. Selain itu perkembangan internet yang cepat menciptakan cara baru bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan investor. Internet yang digunakan perusahaan untuk melaporkan informasi keuangan kepada investor biasa disebut Internet Financial Reporting (IFR). Pengungkapan informasi pada website perusahaan merupakan suatu sinyal dari perusahaan pada pihak luar, salah satunya berupa informasi keuangan yang dapat dipercaya dan akan mengurangi ketidakpastian mengenai prospek perusahaan yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh ukuran perbankan, Good Corporate Governance dan kinerja keuangan terhadap e-transparency dan visibilitas internet sebagai variabel intervening dalam praktik IFR. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2014. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 31 perbankan. Analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya dua hipotesis yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel ukuran perbankan dengan e-transparency danvariabel kinerja keuangan dengan visibilitas internet. Kata Kunci : Pelaporan keuangan melalui internet, Good Corporate Governance, transparansi, Pengungkapan sukarela