PENGARUH STICKY COST TERHADAP PREDIKSI LABA MASA DEPAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009 - 2012
Daftar Isi:
- Asumsi dasar dalam akuntansi biaya adalah bahwa hubungan antara biaya dan volume simetris antara meningkat dan menurun. Dalam penelitian ini kamimenyelidiki apakah biaya adalah "Sticky” . Kos adalah sticky jika kenaikan biaya lebih besar ketika volume naik dan mereka menurun ketika volume turun oleh jumlah yang setara. Kami menemukan 20 perusahaan dari pengamatan 4 tahun, Pemasaran, Administrasi dan umum (PA&U) tidak terdapat indikasi sticky cost, sedangkan untuk harga pokok penjualan (HPP) naik 0,319% per 1% pada kenaikan penjualan bersih, tetapi menurun hanya 0,163% per 1% pada kenaikan penjualan bersih. Studi ini meneliti bagaimana perilaku biaya asimetris mempengaruhi analisa laba perkiraan , terutama akurasi perkiraan laba masa depan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan dengan perilaku sticky cost memiliki analis kurang akurat 14,7% dibanding dengan anti-sticky Keywords : harga pokok penjualan; pemasaran, administrasi dan umum, perilaku biaya; perkiraan laba; sticky cost