THE EFFECTIVENESS OF ROUNDTABLE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (An Experimental Research on the Second Graders of SMPN 20 Semarang in the Academic Year 2014/2015)

Main Author: Hapsari, Ratna Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/3015/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/3015/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/3015/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/3015/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/3015/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan roundtable technique untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosa kata (vocabulary). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimental, karena penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan roundtable technique dalam penguasaan kosa kata (vocabulary) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang pada tahun akademik 2014/2015.Selain itu, penelitian ini menggunakan penelitian kuasieksperimental dengan dua kelompok. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek penelitian ini adalah 64 siswa yang diambil dari dua kelas di kelas sebelas (VIII D dan VIII E). Kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu: pre-test, treatment dan post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan siswa dalam penguasaan kosa kata (vocabulary). Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 86.75, sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok control adalah 86.75. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Di dukung oleh hasil analisist-test antara pre-test dan posttest di kelas percobaan bahwa sig(2-tailed) 0,00 untuk signifikansi 0,05, 0,00 <0,05. Karena nilai t-test lebih tinggi dari t-tabel, berarti H 1 diterima sementara H ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunakan roundtable technique iniefektif dan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam penguasaan kosa kata (vocabulary). Kata kunci: roundtable technique, vocabulary, cooperative learning