Hubungan Intensitas Tayangan dan Motivasi Menonton Dr. Oz Indonesia di Televisi Dengan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Pada Masyarakat Kota Semarang
Main Author: | Chasani, M. Iqbal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unissula.ac.id/2982/1/Cover.pdf http://repository.unissula.ac.id/2982/2/Daftar%20Isi.pdf http://repository.unissula.ac.id/2982/3/Abstrak.pdf http://repository.unissula.ac.id/2982/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unissula.ac.id/2982/ |
Daftar Isi:
- Bagi masyarakat (pemirsa) semua tayangan acara televisi, baik komedi, film, talk show, musik ataupun kuis telah menjadi trendsetter gaya hidup. Pemirsa televisi begitu tergila-gila dengan gaya bintang iklan, pemandu acara talk show atau artis sinetron dan film. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas tayangan dan motivasi menonton tayangan Dr. Oz Indonesia di televisi dengan tingkat pengetahuan tentang kesehatan pada masyarakat kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Objek dari penelitian ini adalah variabel intensitas tayangan, motivasi menonton dan pengetahuan tentang kesehatan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20. Teknik sampling yang digunakan adalah Incidental Sampling dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi berganda. Hasil kuesioner dan olah data dengan aplikasi SPSS menunjukan bahwa nilai korelasi faktor intensitas tayangan sebesar 0,413 nilai ini menunjukan nilai yang sedang. Semakin tinggi nilai faktor intensitas tayangan maka semakin tinggi pula nilai pengetahuan tentang kesehatan. Untuk faktor motivasi menonton nilai korelasi sebesar 0,333. Nilai ini menunjukkan nilai yang rendah atau lemah. Dari hasil penelitian ini, faktor yang berhubungan pada pengetahuan tentang kesehatan yaitu faktor intensitas tayangan. Sehingga pada penelitian ini masyarakat yang menonton tayangan Dr. Oz Indonesia untuk memperoleh pengetahuan tentang kesehatan lebih mempunyai hubungan pada faktor intensitas tayangan daripada motivasi menonton. Kata Kunci : Intensitas Tayangan, Motivasi Menonton, Pengetahuan tentang Kesehatan