KEBERMAKNAAN HIDUP PADA REMAJA YANG MENGALAMI PUTUS SEKOLAH

Main Author: Purwanda, Oktario Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/2920/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2920/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2920/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2920/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2920/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara mendalam tentang proses pencarian makna hidup pada remaja yang mengalami putus sekolah. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil jika remaja yang mengalami putus sekolah harus melalui beberapa tahapan untuk mencapai makna hidup diantaranya adalah tahap derita, tahap kesadaran diri, tahap penerimaan diri, tahap realisasi makna dan tahap mencapai makna hidup. Dalam tahapan tersebut juga terdapat sumber yang harus dipenuhi oleh remaja putus sekolah untuk mencapai kebermaknaan hidup yaitu creative values, attitudinal values, experiental values dan hopeful values. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proses menemukan makna hidup remaja yang mengalami putus sekolah merupa�Z� � � ya dari subjek un tuk merubah kondisi yang subjek alami dari kondisi kekurangan arti kehidupan menjadi menemukan makna kehidupan yang didalamnya terdapat tahapan-tahapan tertentu. Kata Kunci : Remaja Putus Sekolah, Makna Hidup