Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Periode 2010-2013
Main Author: | Verawati, Lenny Prasetiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unissula.ac.id/2687/1/Cover.pdf http://repository.unissula.ac.id/2687/2/Abstrak.pdf http://repository.unissula.ac.id/2687/3/Daftar%20Isi.pdf http://repository.unissula.ac.id/2687/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unissula.ac.id/2687/ |
Daftar Isi:
- Pasar modal saat ini semakin berkembang, hal ini ditandai semakin banyaknya perusahaan yang listing dari tahun ke tahun sebagai akibat kemajuan bisnis. Berbagai macam cara dilakukan oleh pengusaha salah satunya dengan cara menambah jumlah kepemilikan saham baru dengan menawarkan ke publik yang disebut go public. Dalam transaksi penawaran umum penjualan saham perdana atau disebut IPO (Initial Public Offering) yang untuk pertama kalinya di pasar perdana (Primary Market) dan kemudian saham dapat diperjual belikan di bursa efek. Dalam mekanisme pasar harga saham pada saat IPO (Initial Public Offering) lebih murah dibandingkan dengan harga sekunder maka terjadi underpricing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing saham pada suatu perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO). Variabel-variabel yang diteliti antara lainEarning per Share (EPS), Ukuran Perusahaan (SIZE), Current Ratio (CR), Return on asset (ROA), Financial Leverage (FL), dan Umur Perusahaan (AGE). Sampel sebanyak 64 Perusahaan. penelitian yang dilakukan menggunakan analisis Linier Berganda. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa variabel Earning per Share (EPS), Financial Leverage (FL) dan Umur Perusahaan (AGE) tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Variabel Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing dengan arah positif. Sedangkan variabel Ukuran Perusahaan(SIZE)dan Return on Asset (ROA)berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing dengan arah negatif. Kata Kunci : Underpricing (UP), Earning per Share (EPAS), Ukuran Perusahaan (SIZE), Current Ratio (CR), Return on Asset (ROA), Financial Leverage (FL), dan Umur Perusahaan (AGE).