Implementasi Penilaian Otentik Mata Pelajaran Al-Qur’ān Al-Hadīś di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Penilaian Otentik di MI Yayasan Taman Pendidikan Islam (YATPI) Latak, Godong, Grobogan). Program Magister Pendidikan Islam UNISSULA Semarang 2015.

Main Author: Turmudi, Turmudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/2432/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2432/2/abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2432/3/daftar%20isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2432/4/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2432/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan penilaian hasil belajar peserta didik dengan penilaian otentik. pada mata pelajaran al-Qur’ān al-Hadīś di MI YATPI Latak, Godong, Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi penilaian otentik mata pelajaran al-Qur’ān al-Hadīś MI YATPI Latak, Godong, Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan melibatkan ketua yayasan, kepala sekolah dan guru kelas empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan penilaian otentik mata pelajaran al-Qur’ān al-Hadīś di MI YATPI Latak, Godong, Grobogan telah menyusun perencanaan penilaian, melaksanakan penilaian, dan telah melakukan pengolahan penilaian hasil belajar siswa. Dalam menyusun perencanaan penilaian telah menydiakan berbagai perangkat penilaian. Dalam pelaksanaan penilaian telah melakukan penilaian melalui proses pembelajaran yang mencakup ketiga aspek, yaitu: pada aspek sikap dilakukan dengan tehnik observasi yang disertai rubrik dan skala penilaian, pada aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik penilaian tes tertulis dan penugasan, dan pada aspek keterampilan dilakukan dengan teknik penilaian kinerja, produk, dan portofolio. Dalam mengolah hasil penilaian telah dilakukan sesuai patokan acuan kriteria yang berlaku dengan teknik mengkonversi nilai kualitatif ke dalam nilai kuantitatif. Secara esensial. Pada tahun 2013, setelah kurikulum 2013 diberlakukan penerapan penilaian otentik di MI YATPI baru diterapkan di kelas satu dan kelas empat, sedangkan kelas dua, tiga, lima, dan enam masih menggunakan penilaian KTSP. Kata kunci: Penilaian, Penilaian Otentik, Al-Qur’ān Al-Hadīś.