Peran Supervisi Akademik Oleh Pengawas Madrasah Dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan)

Main Author: Suyanto, Suyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/2431/1/Cover%20tesis.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2431/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2431/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2431/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2431/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan dan bagaimana peran supervisi akademik oleh pengawas madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan dan mendeskripsikan peran supervisi akademik oleh pengawas madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan pengawas madrasah, kepala madrasah dan guru Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pengawas madrasah telah melakukan pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di Madrasah Sunniyyah 1 Selo serta melakukan tindak lanjut. Hasil supervisi akademik pengawas madrasah berperan postif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah 1 Selo pada indikator perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Untuk indikator pengembangan potensi peserta didik belum maksimal dilakukan. Kata kunci: supervisi akademik, pengawas madrasah, kompetensi pedagogik.