Pengaruh Terapi Musik Klasik terhadap Tingkat Kejenuhan selama Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Semarang: Studi Observasi di SMP Negeri 20 Semarang

Main Author: Mahmudah, Asyifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/2044/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2044/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2044/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2044/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2044/
Daftar Isi:
  • Asyifatul Mahmudah PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP TINGKAT KEJENUHAN SELAMA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 20 SEMARANG Studi Observasi di SMP Negeri 20 Semarang 38 hal + 7 tabel + xvi Latar Belakang: Kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari semakin rendah. Hal itu dapat disebabkan karena siswa mengalami kejenuhan dalam belajar yang mengakibatkan siswa menjadi tidak produktif. Salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar adalah dengan terapi musik klasik. Musik diyakini memberikan efek rileks dan mempengaruhi dalam proses belajar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik terhadap tingkat kejenuhan selama belajar matematika Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan studi observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan perlakuan. Jumlah responden sebanyak 30 anak dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji McNemar Hasil: Hasil analisa data yang diperoleh dari 30 responden menjelaskan, sebagian besar responden mengalami kejenuhan sebelum terapi dalam kategori sedang sebesar 80%, dan kategori ringan 20%. Tingkat kejenuhan setelah terapi adalah 50% dalam kategori ringan dan 50% dalam kategori sedang. Uji statistik menggunakan McNemar didapatkan p value 0.004 Simpulan : Ada pengaruh terapi musik klasik terhadap tingkat kejenuhan selama belajar matematika siswa kelas IX Kata kunci: terapi musik klasik , kejenuhan belajar, matematika Daftar pustaka: 36 (2002-2013)