Pengaruh Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) terhadap Kemadirian Anak di Kelurahan Genuk Sari Kabupaten Semarang

Main Author: Suaidi, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/2024/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2024/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2024/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2024/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/2024/
Daftar Isi:
  • Achmad Suaidi PENGARUH STIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA TODDLER (1-3 Tahun) TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KELURAHAN GENUK SARI KABUPATEN SEMARANG 52 hal + 7 tabel + 4 skema + xiv Latar belakang: Proses belajar pada anak memerlukan stimulasi untuk dorongan perkembangan anak yang optimal. Kurangnya stimulasi dapat menyebebkan penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan yang menetap termasuk tingkat kemandirian anak. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh stimulasi perkembangan psikososial anak usia Toddler (1-3 tahun) terhadap tingkat kemandirian anak. Metode: Jenis penelitian ini adalah metode Pra-Experiment dengan jenis rancangan one group pretest and posttest design. Populasi didalam penelitian ini adalah anak usia toddler (1-3 tahun) yang tinggal di daerah Kelurahan Genuk sari Kabupaten Semarang pada bulan Desember 2013-April 2014 yang berjumlah 736 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah 44 responden. Hasi : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan pengasuh sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Hasil penelitian tentang tingkat kemandirian menemukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kemandirian anak sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Simpulan: Ada perbedaan tingkat pengetahuan sementara tingkat kemandirian tidak terjadi peningkatan sebelum dan setelah intervensi. Kata Kunci : Pengetahuan, Kemandirian, Stimulasi Daftar pustaka : 42 (1998-2013)