Daftar Isi:
  • Latar belakang : Mutu pelayanan keperawatan merupakan derajat memberi pelayanan secara efisien dan efektif sesuai standar profesi, standar pelayanan keperawatan yang dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan pasien, memanfaatkan teknologi dengan tepat guna dan hasil penelitian dalam pengembangan pelayanan kesehatan / keperawatan sehingga dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS di instalasi RSI Sultan Agung Semarang. Metode :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 445 responden dan sampel yang diambil sebanyak 210 responden diambil dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistic menggunakan uji statistik spearman rank. Hasil : Berdasarkan hasil analisa dari 210 responden penelituian, menunjukkan hasil rerata 90,5 mutu pelayanan keperawatan dan 92,0 kepuasan pasien rawat inap puas. Hasil uji kedua variabel tersebut menggunakan uji spearman rank diperoleh nilai p-value atau signifikan 0,000 (p-value <0,05) dan nilai correlation coefficient 0,886. Simpulan : Ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di RSI Sultan Agung Semarang Kata Kunci : RSI, Mutu pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien BPJS Rawat Inap Daftar Pustaka : 42 (2004-2017)