PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI PESAING TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KAPABILITAS INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM BATIK DI PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Pesaing terhadap Kinerja Bisnis dengan Kapabilitas Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening pada Umkm Batik Di Pekalongan. Penilitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel secara tidak acak dimana sampel diambil berdasarkan kriteria khusus yang telah ditetapkan oleh peneliti sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah para pelaku UMKM batik di Pekalongan dengan jumlah sampel 97 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah path analysis dengan program olah data SPSS 23. Kata kunci : orientasi pelanggan, orientasi pesaing, kapabilitas inovasi prduk, dan kinerja bisnis