Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena mobile shopping yang terjadi saat ini dan perbedaan pendapat dari penelitian terdahulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menyelidiki dan menguji faktor apa saja yang dapat mempengaruhi niat perilaku (behaviour intention) konsumen dalam penggunaan mobile shopping. Secara teori terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya seperti self-efficacy, source credibility dan perceived usefulness. Selain itu juga untuk menganalisis variable perceived usefulness sebagai mediator antara selfefficacy dan source credibility pada behaviouor intention. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan cara pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner terhadap 107 konsumen mobile shopping di Kota Semarang. Berdasarkan hasil analisis data responden ditemukan bahwa self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness, source credibility berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness, self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap behaviour intention, source credibility berpengaruh terhadap behaviour intention, dan perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behaviour intention. Dan terbukti bahwa perceived usefulness dapat menjadi variable intervening sehingga dapat memediasi self-efficacy dan source credibility terhadap behaviour intention. Kata kunci : Self-efficacy, Source Credibility, Perceived Usefulness, Behavior Intention