Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh orientasi pasar, kapabilitas inovasi produk, dan keunggulan desain produk terhadap kinerja pemasaran. Sementara itu, untuk mencapai tujuan dari penilitian ini, penulis menyusun model kinerja pemasaran melalui orientasi pasar, kapabilitas inovasi produk, dan keunggulan desain produk. Populasi dalam penelitian ini adalah pada Industri Batik di Kota Pekalongan sebanyak 120 responden dengan menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu, dimana karakter sampel penelitian ini adalah para pelaku usaha industri batik di Kota Pekalongan. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel orientasi pasar dan kapabilitas inovasi produk terhadap keunggulan desain produk, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel orientasi pasar, kapabilitas inovasi produk, dan keunggulan desain produk terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh variabel orientasi pasar dan kapabilitas inovasi produk terhadap keunggulan desain produk sebesar 42.5%, sedangkan pengaruh variabel orientasi pasar, kapabilitas inovasi produk, dan keunggulan desain produk terhadap kinerja pemasaran sebesar 54.4%. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Kapabilitas Inovasi Produk, Keunggulan Desain Produk, dan Kinerja Pemasaran