IMPROVING SME’S INNOVATION PERFORMANCE THROUGH SOCIAL MEDIA ORIENTATION AND BUSINESS INTELLIGENCE
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak social media orientation terhadap peningkatan innovation performance UKM dan business intelligence (social intelligence dan digital intelligence). Perkembangan teknologi yang sangat pesat, memudahkan dalam mengakses dan melakukan segala aktivitas. Oleh karena itu UKM perlu menerapkan digitalisasi agar dapat bersaing dengan UKM lainnya dengan cara meningkatkan kemampuan social intelligence dan digital intelligence pada UKM dalam penggunaan sosial media sebagai alat bisnis untuk meningkatkan kinerja inovasi UKM. Penelitian ini dilakukan pada 109 pemilik UKM di Provinsi Jawa Tengah yang menjadi responden dengan kriteria telah menggunakan teknologi digital (sosial media) sebagai alat bisnis dan sudah beroperasi selama 1 tahun. Jenis data penelitian pada penelitian ini diperoleh dari data primer. Data primer diperoleh langsung dari sumber utama baik dari individu atau perorangan yaitu kuesioner dalam bentuk google form yang disebar melalui whatsapp secara pribadi pada tiap responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada social intelligence dan digital intelligence terhadap social media orientation pada UKM sedangkan social media orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap innovation performance. Kinerja inovasi UKM dapat ditingkatkan melalui penggunaan sosial media yang bersumber dari social intelligence dan digital intelligence. Kata Kunci : Social Intelligence, Digital Intelligence, Social Media Orientation, Innovation Performance