Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan puskesmas, kepuasaan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan mereka. Loket pendaftaran memegang peranan penting dalam pelayanan pertama di puskesmas, dengan penerapan SIMPUS dapatkah memberikan kesan kepada pasien terhadap peningkatan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan SIMPUS bagian loket pendaftaran dengan kepuasan pasien. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional dengan menilai faktor-faktor dalam penerapan SIMPUS pada bagian loket pendaftaran kepada operator. Selanjutnya pasien pada FKTP bersangkutan mengisi kuesioner kepuasan terhadap pelayanan SIMPUS loket pendaftaran. Data dianalisis dengan secara univariat dan dilanjutkan uji bivariat menggunakan uji korelasi Pearson dan Spearman. Hasil analisa hubungan indikator teknologi dengan angka kepuasan pasien didapatkan nilai p = 0,026 dan nilai r = 0,865. Tedapat hubungan antara indikator teknologi terhadap angka kepuasan pasien (p>0,05). Semua variabel indikator pengelolaan SIMPUS, tidak ada yang yang memiliki hubungan dengan dimensi kepuasan pasien (p>0,05). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara indikator penerapan SIMPUS bagian loket berupa indikator teknologi dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kota Semarang. Sedangkan pada dua indikator yang lain yaitu indikator manusia dan indikator organisai tidak berhubungan dengan kepuasan pasien. Kata kunci : Kepuasan, SIMPUS bagian Loket Pendaftaran