Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul “ Implementasi Pembelajaran Aktif mata Pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang “ dengan mengangkat rumusan masalah bagaimana perencanaan pembelajaran aktif di MTS N 1 Semarang, bagaimana pelaksanaan mata pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang, dan bagaimana evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aktif mata pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh penulis dari sumber data primer dan data sekunder, sejarah berdirinya sekolah, visi dan misi, suasana pembelajaran aktif mata pelajaran Fiqih dan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis. Data yang sudah diperoleh dan dianalisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif mata pelajaran Fiqih di MTS N 1 Semarang sudah berjalan dengan baik. Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih.