Daftar Isi:
  • Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta bagaimana evaluasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan mental. Penelitiaan ini termasuk dalam pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara menganalisa dan mengumpulkan data melalui wawancara dengan yang bersangkutan, observasi secara langsung di lapangan, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru pengampu pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan cara dan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam mengajar dengan menggunakan strategi pembinaan mental yaitu guru menerapkan stategi pembelajaran dalam pembinaan mental dengan mengambil materi-materi yang bersangkutan dari buku LKS, ayat Al-Quran, peristiwa yang terjadi di sekitar, serta dari internet. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembinaan mental dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru, ini sangat cocok untuk diterapkan kepada peserta didik. Kata Kunci: strategi, pembinaan, mental.