Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kualitas pelayanan terhadap kepyasan mahasiswa Fakultas XY di Universitas Z Kota Semarang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive incidental random sampling. Banyaknya sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan dua alat ukur skala psikologi. Skala kepuasan mahasiswa dengan 25 aitem dan memiliki nilai reliabilitas 0,896 dengan daya beda aitem berkisar 0,333 – 0,717. Skala kualitas pelayanan sejumlah 23 aitem dengan nilai reliabilitas 0,873 dan nilai uji daya beda aotem berkisar 0,314 – 0,627. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara peran kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas XY di Universitas Z Kota Semarang dengan nilai rxy = 0,778 dengan p = 0,000 (p<0,001). Uji hipotesis dilakukan menggunakan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 21.0. berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Kata kunci: kepuasan mahasiswa, kualitas pelayanan.