Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi Bimbingan Konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati dalam mengembangkan perilaku peserta didik yang mandiri, berakhlaq luhur, dan mampu bersaing secara global peserta didik di SMK Cordova Margoyoso Pati. Dengan rumusan masalah bagaimana perencanaan bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati, bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati dan bagaimana evaluasi bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang berupaya mengumpulkan data, informasi dan keterangan yang diperoleh dari lapangan dengan mengamati obyek yang berkaitan dengan ruang, tempat, pelaku, tujuan dan kegiatan. Sumber data yang diperoleh oleh penulis berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder yang meliputi sejarah berdirinya SMK Cordova Margoyoso Pati, letak geografis SMK Cordova, visi misi SMK Cordova, data guru dan karyawan SMK Cordova, data peserta didik SMK Cordova serta keadaan sarana dan prasarana SMK Cordova SMK Cordova. Data yang sudah diperoleh dan dianalis dapat disimpulkan bahwa implementasi bimbingan konseling Islami di SMK Cordova Margoyoso Pati sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan bimbingan konseling dengan memiliki fasilitas ruangan konseling individu, ruang kerja konselor sekolah dan buku catatan permasalahan dan perilaku peserta didik. Namun demikian, masih terdapat beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling Islami, seperti, jumlah konselor sekolah yang minim (3 orang)yang menangani lebih dari 300 peserta didik, serta sarana dan prasarana yang belum mendukung proses layanan Bimbingan Konseling Islami. Profesionalitas konselor sekolah di SMK Cordova Margoyoso Pati dapat dikatakan cukup baik. Kata Kunci : bimbingan konseling Islam, konselor, perilaku, proses layanan, profesionalitas.