Daftar Isi:
  • Penulis mencoba menjawab rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik di SMP Negeri 5 Demak. 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pengarah/ Pembimbing di SMP Negeri 5 Demak. 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator di SMP Negeri 5 Demak. 4) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator di SMP Negri 5 Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pendidik di SMP Negeri 5 demak, kedua untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pembimbing/pengajar di SMP Negeri 5 Demak, ketiga untuk mengetahui peran guru PAI sebagai Motivator di SMP Negeri 5 Demak, keempat untuk mengetahui peran guru PAI sebagai Evaluator di SMP Negeri 5 Demak Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data , penyajian data serta mengambil kesimpulan dari data data penelitian. Hasil penelitian ini bahwa Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 5 Demak dilakukan dengan baik karena dalam kegiatan belajar mengajar guru berperan sebagai pendidik yang mana guru mendidik di SMP Negeri 5 Demak dengan merubah bentuk tampilan materi dan tugas sesuai dengan peserta didik dalam menjangkau karena dalam pembelajaran daring yang masih tertadapat kendala. Peran guru PAI sebagai pembimbing di SMP Negeri 5 Demak yang mana guru mengarahkan peserta didik dari awal pembelajaran sampai akhir. Peran guru PAI sebagai motivator di SMP Negeri 5 Demak yang mana guru PAI selalu memberikan motivasi agar peserta didik bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring. Peran guru sebagai Evaluator di SMP Negeri 5 Demak guru melakukan penilaian pada keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran untuk mengukur keaktifan peserta didik. Kata Kunci: Peran guru PAI, dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik