Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa memiliki dengan komitmen organisasi pada pengurus organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan pada 190 orang pengurus organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Islam Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan 2 skala pengukuran, yaitu Skala Komitmen Organisasi dan Skala Rasa Memiliki. Skala Komitmen Organisasi berjumlah 47 aitem dengan rentang daya beda 0,254-0,641 dan koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,914. Skala Rasa Memiliki berjumlah 45 aitem dengan rentang daya beda 0,260-0,691 dan koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,938. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Product Moment dari Pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara rasa memiliki dengan komitmen organisasi, hasil korelasi menunjukan rxy = 0,580 dengan p=0,000 (p<0,01) dan Flinier sebesar 95,119 dengan taraf signifikansi p=0,000 (p<0,01). Berdasarkan hasil perhitungan, juga diperoleh R Square sebesar 0,332. Hal tersebut menunjukkan bahwa sumbangan efektif variabel rasa memiliki memberikan kontribusi sebesar 33,2% terhadap komitmen organisasi pada populasi penelitian, sehingga komitmen organisasi dapat dijelaskan pula melalui rasa memiliki. Kata kunci : Rasa Memiliki, Komitmen Organisasi.