IMPLEMENTASI STRATEGI SELF ASSESSMENT PADA MENTORING DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU IBADAH SISWA KELAS 5 SDIT AL – ARABI CIKARANG BARAT BEKASI
Daftar Isi:
- Skripsi dengan judul “Implementasi Stategi Self Assessment pada Mentoring dalam Pembentukan Perilaku Karakter Siswa Kelas 5 SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi” ini ditulis oleh Arief Budiman, Pembimbing Ahmad Muflihin, S.Pd.I. M.Pd.I Penulis mencoba menjawab rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaan strategi Self assessment pada mentoring dalam pembentukan perilaku ibadah siswa kelas 5 di SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi. 2) Bagaimana penerapan strategi Self assessment pada mentoring dalam pembentukan perilaku ibadah siswa kelas 5 di SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi. 3) Bagaimana evaluasi pembentukan perilaku ibadah siswa kelas 5 SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi setelah diterapkan strategi self assessment pada mentoring. 4) Apa faktor pendorong dan penghambat penerapan setrategi self assessment pada mentoring dalam pembentukan perilaku ibadah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Pertama untuk menjelaskan prencanaan setrategi self assessment pada mentoring dalam pembentukan perilaku ibadah siswa SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi. Kedua ntuk menjelaskan penerapan setrategi self assessment pada mentoring dalam pembentukan perilaku ibadah siswa. Ketiga untuk mengevaluasi pembentukan perilaku ibadah siswa SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi setelah diterapkan setrategi self assessment pada mentoring. Keempat Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat penerapan setrategi self assessment dalam mentoring dalam pembentukan perilaku ibadah siswa SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dari verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa perencanaan self assessment pada mentoring dalam pembentukan perilaku karakter siswa kelas 5 di SDIT Al – Arabi Cikarang Barat Bekasi dilaksanakan dengan baik karena sebelum proses belajar mengajar mentor menyusun perencanaan pada mentoring. Pelaksanaan selef assessmet pada mentoring dilaksanakan dengan baik, karena proses pembelajaran sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah yang telah ditentukan namun masih terdapat kendala dalam pengelolaan mentoring. Evaluasi strategi self assessement pada mentoring sudah baik untuk mengukur pemahaman peseta didik dan berjalan sesuai rancangan pembelajaran. Kata Kunci : Implementasi, Setrategi Self Assessment , dalam pembentukan karakter.