Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang dilakukan oleh penulis untuk mengetahui bagaimana cara mengajar guru agar siswa mampu untuk mencerna pengetahuan-pengetahuan yang telah diberikan, karena tidak semua guru menggunakan metode dalam melaksanakan proses mengajar di dalam kelas, peneliti menggunakan metode sosiodrama karena berkaitan sesuai dengan penelitian agar siswa aktif dalam belajar dan guru memberikan rangsangan yang baik supaya siswa mampu menangkap pembelajaran-pembelajaran yang disampaikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data melalui observasi, wawancara dan dengan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya metode pada saat melaksanakan proses mengajar akan memudahkan guru dalam mengajar dan menjadi lebih efektif, suasana kelas tidak monoton dan siswa menjadi lebih aktif. Dengan adanya metode pembelajaran yang sangat banyak dan bervariasi salah satunya adalah metode sosiodrama semoga dengan adanya metode pembelajaran guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Kata kunci: Metode Sosiodrama, Sejarah Kebudayaan Islam, MTs Islam Sudirman Jimbaran