PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA TAJUL ULUM BRABO TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Daftar Isi:
- Kompetensi kepribadian guru merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantab, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Guru adalah pendidik profesional, dengan utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik. Pada pendidikan usia dini pada jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Setiap guru memiliki kepribadiaanya sendiri-sendiri yang unik, tidak ada yang sama , walaupun mereka sama-sama memiliki pribadi keguruan. Oleh karena itu kompetensi kepribadian guru merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantab, stabil, dewasa, arif, ber akhlak mulia dan berwibawa, serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru Aqidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa di MA Tajul Ulum Brabo Grobogan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Kompetensi Mepribadian Guru Aqidah Akhlak Di MA Tajul Ulum Brabo, untuk menjelaskan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di MA Tajul Ulum Brabo, dan untuk menjelaskan adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di MA Tajul Ulum Brabo. Ada hubungan yang positif dan pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan Tahun 2019/2020. Analisis tersebut diuji melalui prosedur yang ditempuh dengan mempertemukan nilai rxydiuji dengan hargakritik nilai r ProductMoment dengan jumlah responden (N) sebesar 44 siswa, baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1%. Pada taraf signifikan 5% telah diketahui rh = 0,730028231, sedangkan rt = 0,2907. Sehingga rh >rt atau (0,7300282310>2907). Pada taraf 1% diketahui rh =0,730028231 sedangkan rt = 0,384. Sehingga rh >rt (0,730028231>0,384). Dari hasil perhitungan ternyata rh (r hitung) lebih besar dari pada rt ( r tabel), maka hasilnya di terima. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI tehadap motivasi belajar siswa kelas X di MA Tajul Ulum BraboTanggungharjo Grobogan. Kata kunci: pendidikan, kepribadian guru, motivasi belajar, siswa