EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN BAGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP SISWA KELAS IX DALAM MATA PELAJARAN FIQH BAB MAWARIS DI PONDOK MODERN ASSALAM SUBANG JAWA BARAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbentuk Bagan dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqh bab mawaris kelas IX Pondok Modern Assalam Subang dengan jumlah siswa kelas IX adalah 40 siswa. Sampel penelitian adalah keseluruhan jumlah siswa IX yaitu 40 siswa. Terbagi kedalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yaitu 20 siswa dan kelas kontrol 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan menggunakan media bagan pada kelas eksperimen dan tidak menggunakan media bagan pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bagan cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqh bab mawaris di Pondok Modern Assalam Subang. Hal ini terlihat dari output data diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antar model pembelajaran berbentuk Bagan dengan model konvensional Kata Kunci : Pengaruh-Media Bagan-Mawaris