Daftar Isi:
  • Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pembelajaran termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Berbagai kendala menjadi permasalahan dalam PAI diantaranya kualitas pendidik masih kurang, motivasi peserta didik yang kurang, sarana prasarana yang belum memadai dan beragam kendala lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu pembelajaran PAI dan kompetensi manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang dengan sumber informan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI dan beberapa sumber lainnya. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang meliputi data reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Mutu pembelajaran PAI di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang memiliki keunggulan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI dengan input, proses dan output yang dimiliki. Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang terlaksana dengan baik ditandai dengan berjalannya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam peningkatan mutu Sumber Daya Insani (SDI), kesiswaan, kurikulum dan sarana prasarana sesuai dengan visi, misi dan tujuan SD Islam Sultan Agung 4 Semarang serta peraturan Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Kata kunci: Kompetensi, Manajerial, Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam