GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU FIKIH DI MADRASAH ALIYAH DARUT TAQWA SEMARANG
Daftar Isi:
- Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimakah gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Fikih Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Semarang. Kedua, Bagaimakah pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Fikih Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Semarang. Ketiga, Bagaimakah kinerja Guru Fikih di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Fikih Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Semarang efektif karena termasuk dalam gaya kepemimpinan yang sesuai dengan prinsip -prinsip demokratis. 2). Pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Fikih Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Semarang efektif karena kelompok dan individual. 3) Kinerja Guru Fikih di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Semarang Meningkat karena guru semakin disiplin dalam masuk kelas, bertambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, perkembangan ketepatan guru dalam menyampaikan materi, serta semakin variatifnya metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Supervisi, Kinerja Guru Fikih