Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, karena pendidikan merupakan sarana untuk menjadikan manusia agar mempunyai pemikiran yang matang yang diimbangi dengan berbudi pekerti luhur. Akhir-akhir ini media sosial di ramaikan oleh berita bullying yang dilakukan oleh anak SD. Permasalahan penelitian adalah bagaimanakah dampak bullying verbal terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV di SD Negeri 1 Krasak Pecangaan Jepara. Landasan teori yang digunakan dalam skripsi yang berjudul Analisis Dampak Bullying Verbal Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Krasak Pecangaan Jepara adalah bullying , Pemahaman Konsep Matematika, dan Hakikat Pembelajaran Matematika. Pendekatan penelitian adalah adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD N 1 Krasak Pecangaan Jepara dengan maksud untuk mendiskripsikan dampak bullying verbal terhadap pemahaman konsep di Sekolah Dasar tersebut, Sumber data menggunakan sumber data primer, sekunder dan tersier dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bullying yang terjadi di SD N 1 Krasak Pecangaan disebabkan karena perbedaan usia, perbedaan fisik, (senioritas), perbedaan karakter dan latar belakang peserta didik Bentuk bullying verbal yang ada di SD N 1 Krasak Pecangaan antara lain seperti: mengejek dengan sebutan, memalak, memanggil dengan julukan (jebret, pesek, teman musiman dan ikan lohan), mentheleng, memalak dan mengintimidasi. Kata Kunci : Bulying Verbal, Pemahaman Konsep Dasar Matematika.