Daftar Isi:
  • Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimanakah implementasi Budaya Sekolah Islami (BUSI) Dalam Pendidikan Akhlak di SMA Islam Sultan Agung 1 dan 3 Semarang. Kedua, Bagaimanakah efektivitas Budaya Sekolah Islami (BUSI) Dalam Pendidikan Akhlak di SMA Islam Sultan Agung 1 dan 3 Semarang Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Implementasi Budaya Sekolah Islami (BUSI) di SMA Islam Sultan Agung 1 dan 3 Semarang memiliki dua konten penguatan yang merupakan satu kesatuan karena saling melengkapi. Kedua konten tersebut adalah penguatan ilmu pengetahuan atas dasar nilai-nilai Islam dan penguatan ruhiyah (aqidah, ibadah dan akhlak). Penguatan ilmu pengetahuan atas dasar nilai-nilai Islami diantaranya meningkatkan semangat iqra’, mengembangkan ilmu pengetahuan, Islamic learning Society, dan adanya apresiasi ilmu. Penguatan ruhiyah terbagi dalam beberapa gerakan diantaranya gerakan shalat berjama’ah, gerakan pemberdayaan masjid, gerakan berbusana Islami, gerakan thaharah, gerakan ketauladanan, dan gerakan mewujudkan akhlak mulia. Kegiatan budaya sekolah Islami di SMA Islam Sultan Agung 1 dan 3 Semarang berjalan dengan baik sesuai dengan konten yang dilaksanakan. 2). Efektivitas Budaya Sekolah Islami (BUSI) di Budaya Sekolah Islami (BUSI) Dalam Pendidikan Akhlak SMA Islam Sultan Agung 1 dan 3 Semarang Budaya sekolah tidak akan berjalan lancar tanpa adanya kerja sama antara kepala sekolah, bidang kurikulum, bidang kesiswaan, guru-guru, dan staff sekolah Kata kunci: Efektifitas, Budaya Sekolah Islami, Akhlak