Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran pumping student dan untuk mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran pumping student dalam mengetahui potensi peserta didik klelas IV SD Negeri Deles 01 Batang Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disajikan berupa kata-kata. Dilihat dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Deles yang berjumlah 35 siswa. Pengambilan data mnggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber berupa guru dan siswa kelas IV serta triangulasi teknik berupa angket dan wawancara yang kemudian pada analisis data menggunakan data reduksi, verifikasi, dan display data. Hasil dari penelitian ini adalah model Pumping Student untuk mengetahui potensi siswa di kelas IV SD, Memompa Semangat Belajar, dengan cara siswa bersama guru bertanya jawab terkait dengan informasi yang terdapat dalam teks bacaan. Temukan Mimpi-mimpi, dilakukan dengan cara siswa menuliskan cita-cita mereka setelah mengetahui nilai-nilai perjuangan “Pangeran Diponegoro”. Berusaha Memahami Diri Sendiri, dengan menyampaikan cita-cita mereka setelah mengetahui nilai-nilai perjuangan “Pangeran Diponegoro”. Selanjutnya semua kecerdasan ditemukan dengan menggunakan model Pumping Student, yang terdiri dari kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran pumping studentyang terdiri dari sintaks memompa semangat belajar siswa, temukan mimpi-mimpi, dan berusaha memahami diri sendiri. Kata Kunci : Potensi Siswa, Pumping Student, Subtema Perjuangan Para Pahlawan.